Instalasi Moodle di Windows

Jumat, 09 September 2011

Instalasi Moodle di Windows pada dasarnya setelah kita membuat localhost dan menempatkan moodle pada folder htdocs. Untuk simulasi belajar online tidak mesti harus pakai server. salah satu komputer kita install moodle, yang bisa diakses melalui komputer lain dalam jaringan dengan internet explorer dengan mengetikkan alamat IP nya
Berikut langkah-langkah instalasi moodle di windows :


1. Membuat Localhost

Download program freeware : XAMPPLITE-WIN32-1.7.3 yang merupakan paket server Apache dan PHPMyAdmin dari alamat :
http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html Install freeware tersebut dengan mengekstrak dan menempatkan paa dalah satu drive. Untuk mengecek apakah localhost kita sudah berjalan. Terlebih dahulu aktifkan apache server kemudian buka browser dan ketikkan alamat berikut:
http://localhost/
Jika menampilkan halaman seperti halaman internet pada umumnya berarti instalasi sudah berhasil.


Xampp
2. Menginstal Moodle
Download moodle dari internet http://download.moodle.org/ versi terbaru saat ini moodle 1.9.x kemudian ekstrak ke folder mana saja. Setelah itu hasil ekstrak dalam hal ini direktori moodle beserta isinya kita copy dan kemudian paste di direktory berikut:
C:\xampp\htdocs
Lokasi ini tidak mengikat. Tergantung dari dimana meletakkan hasil ekstak xampp.
Direktori moodle diletakkan di :
C:\xampp\htdocs\moodle
nama direktori moodle bisa dirubah dengan nama lainnya, seperti : kuliah, belajar, dan sebagainya. Terserah dari masing2 administrator.
Untuk instalasi moodle alamatkan browser pada:
http://localhost/moodle
Selanjutnya ikuti proses installasi hingga selesai
3. Instalasi bahasa Indonesia
Download paket bahasa indonesia id_utf8.zip dari alamat berikut:
http://download.moodle.org/lang16/
Kemudian ekstrak paket tersebut pada suatu direktori yang kita tentukan dengan cara mendouble klik file id_utf8.zip dan arahkan pada direktori yang kita inginkan agar mudah ditemukan.
Proses unzip file id_utf8.zip akan menghasilkan direktori id_utf8 yang berisikan beberapa file dan folder. Letakkan pada :
C://xampp/htdocs/moodle/lang/
Jika anda baru akan menginstall moodle, setelah extract file moodle dan sebelum proses instalasi moodle dilakukan, anda dapat mengcopy folder id_utf8. Untuk informasi lengkap cara instalasi Moodle dapat dibaca di http://docs.moodle.org/en/Installing_Moodle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar